Rabu, 12 Agustus 2009

Ustadz Gadungan

Zekka melangkahkan kaki sambil menatap gerbang sekolah barunya. “ Hmm… akhirnya aku sekolah lagi “. Katanya dalam hati. Ya bagaimana tidak?? Sejak SMP hingga SMA Zekka bersekolah ditempat yang sama. “ tapi tak apalahhh, aku kan masih punya satu orang sahabat yang bersekolah disini juga “. Ucap Zekka dalam hati. Tiba – tiba matanya terpaku pada cewek yang sedang duduk sendiri didepan kelas.“ Excuse me Miss.., sorry ganggu!!! kLo kelas IPA2 dimana ya? “ Tanya Zekka sambil menahan tawa. “ Iya,, Tuh disitu “ tunjuk Rini tanpa memalingkan wajahnya.“ Woyyy… Sombong kali dirimu Rin…!!! “ ucap Zekka sambil mengacak – acak jilbab Rini. “ Eh… Najiz looo… gue fikir siapa dari tadi, pantez aja kata gue tuh suara kaya gue kenal getoo… kaya kaleng rombeng, haha… jelek banged!!! “ jawab Rini dengan mantap.“ Wahhh kurrang ngajar loo… suara semerdu rossa koq dibilang kaya kaleng rombeng..!!! kata Zekka sambil memunculkan wajah cemberutnya.“ Hahaha… geto ajja ngambekkk…!!! “ ledek Rini “ Ehh… kita masuk kelas mana nehh?? Lo dah liat pengumuman di madding belum?? “ Tanya Zekka.“ Belum tuhh Non..!! malezz gue, dari tadi di madding penuh terus sama anak – anak baru yang lain…!!! “ jawab Rini. “ Yaa… paztinya Lahhh oneng…!!! kLo mau sepi ya dikuburan aja sana..!!! “ jawab Zekka sambil melangkah menuruni tangga. “ Ehhh… Zekkkaaaaa…. Koq gue di tinggal seh ?? Jahat banged Loo…!!! “ Teriak Rini sambil berlari kecil berusaha mengejar Zekka.“ Bodooo… abiz lo dateng dari pagi tapi belum liat pengumuman di madding…!! “ Ucap Zekka. “ iiiihhhh… Zekka lo tuh kebiasaan banged nehh suka ninggal – ninggalin gue “ Ucap Rini dengan nafas terengah – engah.“ ehh… Udah cerewet Loo… udah ayoo cepet kita harus ke madding, 5 menit lagi kita harus udah ada dikelas “. Ucap Zekka. Setelah mereka sampai didepan madding ternyata disana masih banyak siswa/i baru yang masih melihat pengumuman. “ Misi…. Permisi ya….!! “ ucap Zekka sambil berdesakan melihat pengumuman dimadding.“ aduh mba santai ajja kaleee.. ga usah pake dorong – dorong segala…!!! “ ucap salah seorang siswa terhadap Zekka. “ Bukan gue kale.. tuh yang dibelakang lo… sewot ajja loo..!!! “ Jawab Zekka ketus.“ Owhh sorry dehhh…!!! “ Setelah Zekka melihat pengumuman di madding ia segera beranjak menuju Rini. “ Gimana ka?? “ ucap Rini dengan santai.“ Iya kita bedua masuk kelas Komp.1 “ Jawab Zekka dengan senyum manisnya. “ Haaa?!!! Yang bener Lo ka?!! “ Teriak Rini sambil memukul – mukul Zekka.“ Aduhh sobb…!!! Abiz dehh gue sama lo..!!! “. Bel tanda masukpun berdering, Zekka dan teman – teman masih menunggu guru yang akan segera masuk ke kelasnya. Pak Sahlan. Ya dia adalah pak Sahlan wali kelas Zekka waktu ia bersekolah di SMP kemarin. Setelah pak Sahlan datang ke kelas, mereka pun tidak langsung aktif belajar tetapi mereka berkenalan terlebih dahulu. Salah satu siswa perwakilan dari kelas Zekka memperkenalkan diri di depan kelas. “ Hai, aku Bima Pramana, panggil aja Bima. Rumah ku dekat dengan sekolah ini. “ Kata Bima dengan tampang seriuznya.“ Koq muka lo tua banged seh kaya bapak – bapak, udah gak pantes masuk SMA lo..!!! “ Celetuk seorang murid terhadap Bima dan sambutan tawa anak – anak sekelas. “ Ohh… masa sehh??! Gak apa – apa tampang gue tua tapi hati dan jiwa gue kan muda..!!! “ Jawab Bima dengan tenang.“ Ok.. cukup Bima !!! “ ucap pak Sahlan. Bima yang sebelumnya nyantai banget, tiba – tiba menjadi seseorang yang pendiam seribu bahasa. Tidak satu katapun yang keluar dari mulutnya sejak adanya celetukan tadi. Saat istirahat tiba Zekka dan Rini terlihat bingung karena banyak anak yang mendekatinya dan mengajak kenalan. Karena sikap Zekka dan Rini yang santai abiz dan mudah bergaul, dalam sehari aja mereka udah dapat banyak teman. “ Zekka…!!! “ panggil Bima. “ Ya..?!! “ jawab Zekka singkat.“ ka Lo mo ke kantin ga?? “ Tanya Bima. “ owh.. kayanya nggak dehh. Lo duluan aja deh nanti gue nyusul “ jawab Zekka sambil meninggalkan Bima.“ Ehm… Ehm… Zekka!!! “ Ledek Rini. “ Apa seh Lo?? Gak jelas deh !!! ““ tadi siapa tuh ?? “ “ akhh… tau amat… bukannya lo udah tau kLo itu si Bima?? Kan tadi dia udah memperkenalkan diri di depan kelas coy..!!! “ jawab Zekka.“ hehe… iy.. iy… “ Ledek Rini dengan senyum jailnya. Tidak lama setelah Zekka duduk disamping Rini, tiba – tiba ada seorang pria menghampiri mereka berdua. “ Hai…!!! “ ucap cowok itu sambil mengulurkan tangannya kepada Zekka.“ Hai juga..!!! “ sahut Rini dengan cepat. “ Gue Imam!!! “ cowok itu memperkenalkan diri.“ Owh iya gue Rini “ sahut Rini lagi dengan cepat. Imam menatap Rini dengan heran. “ kenapa?? “ Tanya Rini.“ haaa?!! Gak kenapa – kenapa koq..!!! oh iya, lo Zekka ya??? “ Tanya Imam kepada Zekka. “ Iya.. kenapa?? “ jawab Zekka dengan tampang malasnya.“ Owh, gak kenapa – kenapa..!!! gue Cuma pengen lebih kenal deket aja sama lo..!! boleh kan?? “ Tanya Imam dengan penuh harap. “ buat apa?? “ Tanya Zekka.“ Ya gue seneng aja pas pertama kali gue lihat lo!!! “ jawab Imam menjelaskan. “ owhh.. gitu, ya itu sih terserah lo aja deh.. ya udah sekarang gue mau ke kantin dulu ya!!! “ ucap Zekka sambil berlalu. “ Zekka, Lo kenapa seh koq jutek banget sama imam, dia kan baik ka!!! “ Tanya Rini. “ tau dari mana lo klo dia baik?? Jangan sok tau deh!!! “ jawab Zekka ketus.“ ya buktinya tadi dia ngajakin lo kenalan?? Berarti dia baik kan?!! “ Ujar Rini. “ Woyy.. hari gene koq mudah banged seh percaya sama orang?? Jadi orang itu jangan kepedean, kLo dia Cuma ngerjain Qta gimana?? ““ tapi ka..!!! “ “ STOPP Rini “ potong Zekka.“ ihh.. koq lo gitu seh ka!!! “ ucap Rini. “ Rini.. jujur yah, kali ini gue gak seneng lihat cowok itu..!!! gue ngerasa tampang dia doank alim tapi hatinya nggak..!!! “ Ujar Zekka dengan tampang seriuznya.“ Ok.. Ok…!!! Tapi setidaknya lo kasih penjelasan donk ke gue tentang nehh semua!!! “ ucap Rini dengan nada penasaran. “ ya.. gue juga gak ngerti Rin kenapa gue bisa sebel banged sama tuh orang “ jawab Zekka berusaha menjelaskan.“ masa gitu seh ka..!!! lo gak bisa donk langsung nilai orang Cuma dari feeling lo aja..!! “ jawab Rini. “ akhh… udah deh Rin, gue pusing neh jadinya..!!! “ Ujar Zekka.“ owh yaudah dehh klo memang lo lagi gak pengen bahas masalah itu..!!! “ ****Pagi itu matahari begitu menyengat tubuh, tetapi Zekka dan Rini tetap saja berada di lapangan untuk bermain basket. Dengan keringat yang sudah banyak bercucuran tetapi mereka berdua tetap saja tidak memperdulikannya.“ Ok coy… mantab lo three point terus.. wahh makin jago ajja Lo yee…!!! “ Ujar Rini memuji Zekka. “ haha.. gue gitu lohh…!!! “ jawab Zekka.“ Ka udah dulu yoo latihannya..!!! cape banged neh gue..!! “ ajak Rini. “ ok..!! “ jawab Zekka sambil melemparkan bola basketnya yang terakhir kalinya ke dalam ring.“ Zekka.. Rini…!! “ panggil Imam.“ ya..? “ jawab mereka kompak. “ hari ini kalian ada acara gak?? kLo gak ada, aku mau teraktir kalian berdua..!!! “ ajak Imam.“ wahh kLo hari ini kayanya gak bisa deh mam.. soalnya gue harus nyelesain tugas buat cerpen, hari neh pak sahlan dah tanyain terus!! Gimana klo lo sama Rini aja? “ ujar Zekka. “ aduhh sorry juga nehh kLo Cuma berdua doank kayanya gue gak bisa deh soalnya kan gak enak juga klo anak – anak nanti pada ngeliat nanti malah timbul fitnah lagi “ . Rini menjelaskan.“ owh geto ya? Ya udah deh gak apa – apa.. mungkin lain kali aja kali ya..!!! “ jawab Imam.“ Ok.. sorry ya mam..!! “ ucap Zekka.“ ya gak apa – apa koq. “ Di sekolah Imam dikenal sebagai anak yang rajin ibadahnya dan pintar dalam urusan agama. Dia sering sekali memberi nasehat terhadap teman – temannya ketika teman – temannya sedang mempunyai masalah. Sehingga tidak dipungkiri juga jika teman – temannya juga sangat banyak. “ Rin anter gue ke Lab komputer yoo?? “ ajak Zekka.“ Mau ngapain ka kesana?? “ Tanya Rini. “ Gue mau ambil Flashdisk gue yang kemarin ketinggalan di Lab waktu kemarin kita tambahan, di situ ada data – data penting gue sob..!! “ Zekka menjelaskan.“ owh geto… ya udah yoo Qta kesana?!! “ jawab Rini. Setelah Zekka dan Rini sampai di depan pintu Lab computer tiba – tiba dia melihat Imam memasuki ruangan tersebut lalu menutup pintu dan menguncinya. “ ka koq di tutup seh? “ Tanya Rini penasaran. “ gak tau gue juga Rin, mungkin dia gak lihat kita datang kali Rin..!!! “ ucap Zekka.“ masa seh ka?? Bukannya tadi dia udah liat jelas klo kita ada..!! “ ujar Rini. “ ya udahlah Rin.. jangan diambil pusing gitu.. mungkin ada hal yang mau dia selesain di dalem kali dan itu mungkin bersifat secret, jadi gak salah juga donk klo dia tutup pintunya. “ Zekka berusaha menjelaskan kepada Rini agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Rini dengan Imam.“ Ok.. klo memang itu benar coba dehh masa teman – teman sekelas kita semuanya ada di dalam Lab computer itu ka..!! terus kenapa pas kita datang, pintu itu langsung di tutup.?? Lo fikir deh ka?!! “ ujar Rini dengan penuh emosi. “ ya udah sekarang gini aja deh Rin, kita tunggu ajja nanti kabar dari anak – anak ..!! “ jawab Zekka.“ gak bisa gitu donk ka.. kita harus tau sekarang..?!! “ ajak Rini sambil menarik tangan Zekka kearah pintu Lab computer. Ketika Zekka dan Rini sampai di depan pintu Lab mereka mendengar samar - samar percakapan antara Imam dan teman – teman sekelas mereka yang sedang membicarakan tentang diri Zekka dan Rini. “ ka sini deh.. Lo denger gak apa yang di ucapin Imam barusan?? “ Tanya Rini.“ Ssstt.. jangan berisik dulu…!! Kita denger aja dulu tuh klo si Imam ngomong apa aja sama temen – temen sekelas kita. “ ucap Zekka dengan suara berbisik.Rinipun mengangguk, menuruti ucapan Zekka. “ ka koq Imam bisa – bisanya seh ngomongin kita kaya gitu?? Gue nggak nyangka ka..!!! klo ternyata Imam bisa juga ya ngejelek – jelekin kita di depan teman – teman, padahal kan kita gak ngelakuin hal itu. “ Ucap Rini sambil meneteskan air mata kesedihannya.“ ya.. gue juga gak ngerti Ri, kenapa si Imam bisa tega banged ngejelek - jelekin kita.. “ jawab Zekka. “ ternyata omongan lo bener ya ka klo kita jangan mudah percaya gitu aja sama orang dan sekarang udah terbukti klo ternyata si Imam gak sebaik yang gue fikirkan. “ ujar Rini semakin tersedu.“ udah ya Rin jangan nangis lagi.. nanti kita Tanya aja sama teman – teman. “ ucap Zekka menenangkan. “ iy..!! “ jawab rini singkat. Selang beberapa lama akhirnya pintu Lab pun dibuka oleh Imam dan Imam pun menyapa Zekka dan Rini seperti tidak pernah terjadi apa – apa.“ heyy Rin.. kamu kenapa?? Koq nangis gitu sehh? “ Tanya Imam kepada Rini. “ gak apa – apa koq mam.. “ jawab Rini.“ kamu bener Rin gak apa – apa ?? “ Tanya Imam meyakinkan. “ Iy.. udahh lebih baik kamu pergi aja deh sekarang..!!! “ ucap Rini ketus.“ Ok.. “ jawab Imam sambil meninggalkan Rini dan Zekka. Hari semakin larut tetapi Rini masih berada di rumah Zekka. “ ka gue kayanya mau nginep aja deh dirumah lo..!! boleh kan?? “ Tanya Rini.“ ya bolehlah Rin, lo kaya siapa aja seh mau nginep pake bilang – bilang segala. Ehh tapi lo udah kasih tau orang rumah belum klo lo mau nginep?? Nanti mereka khawatir lagi!! “ ucap Zekka. “ iy udahh..!! “ jawab Rini.“ Ri gue punya ide neh buat masalah kita ?!! “ ujar Zekka membuka topic pembicaraan. “ apa ka?? “ Tanya Rini.“ gimana klo besok kita Tanya ke Imam tentang maksud omongan dia ke teman – teman?? “ Usul Zekka. “ buat apa seh ka??! Itu kan udah jelas banged klo dia udah ngejelek – jelekin kita didepan anak – anak !! lagian tadi kan si Bima dah kasih tau kita klo si Imam tadi emang bener ngomongin kita. “ jawab Rini.“ iy seh, tapi kita harus tau sendiri apakah yang kita denger dan anak – anak omongin itu bener..!! “ ucap Zekka. “ klo gue seh jujur ya ka udah males banged sama si Imam, buat apa coba dia ngejelek – jelekin kita didepan anak – anak sekelas kita?? Katanya Ustadz, pinter agama, rajin shalat tapi koq kelakuannya kaya begitu..” jelas Rini.“ ya udah sabar aja.. “ jawab Zekka singkat. “ huhh kali ini gue gak bisa sabar ka.. dia udah gak bisa didiemin ka.. emang tuhh si Imam Ustadz Gadungan.. ngaku Ustadz tapi kelakuan koq kaya gitu. “ ucap Rini kesal.“ iy udah.. udah.. sekarang kan kita dah tau klo si imam ternyata nggak sebaik yang kita fikirkan, dia nggak bisa bertanggung jawab ataz gelar ustadznya itu, sekarang kita hanya bisa mengambil pelajaran aja dari semua ini bahwa kita juga harus bisa introspeksi diri “ jawab Zekka. “ betul ka.. kita harus bisa introspeksi diri kita juga. Jangan sampai kita juga ikut – ikutan kaya si Imam. Ok sekarang kita maafin aja deh si Imam Ustadz Gadungan itu, yang penting kan kita gak ngelakuin kaya apa yang diomongin itu dan paztinya kebenaran juga pazti akan terungkap “jawab Rini.“ ok.. setuju..!!! “ jawab Zekka sambil memeluk Rini. “ The End “


karya : nhunu

Sumber:http://cerpen.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar