Selasa, 28 April 2009

Bagaimana Memakai Konjungsi?

Konjungsi atau kata hubung adalah kata yang mempunyai fungsi menghubungkan kalimat dengan kalimat lain. Contohnya kalimat berikut:

- Saya bertemu dia ketika kami belajar di Wisma Bahasa.

Kata ketika adalah kata hubung yang menghubungkan kalimat pertama dengan kalimat kedua.

- Kalimat pertama = Saya bertemu dia.

- Kalimat kedua = Kami belajar di Wisma Bahasa.

Dalam bahasa Indonesia ada banyak konjungsi : sementara, sambil, ketika, supaya, sehingga, dan lain-lain. Bagaimana memakai konjungsi itu ?

1. Sementara

- Mempunyai dua subjek yang berbeda.

- Mempunyai aktivitas sama waktu.

Contoh :

Kalimat pertama = Bapak memasak di dapur.

Kalimat kedua = Ibu membaca koran. (pada waktu sama)

Kalimat gabung = Bapak memasak di dapur sementara ibu membaca koran.

2. Sambil

- Mempunyai satu subjek sama.

- Mempunyai aktivitas sama waktu.

Contoh :

Kalimat pertama = Saya membaca koran

Kalimat kedua = Saya medengarkan musik.(pada waktu sama)

Kalimat gabung = Saya membaca koran sambil mendengarkan musik.

3. Ketika

- Mempunyai satu atau dua subjek.

- Mempunyai aktivitas yang tidak sama waktu.

Contoh :

Kalimat pertama = Saya sedang mandi.

Kalimat kedua = Dia datang.(beberapa waktu sesudah saya mulai aktivitas mandi)

Kalimat gabung = Dia datang ketika saya sedang mandi.

4. Supaya

- Mempunyai satu atau dua subjek.

- Kalimat kedua adalah tujuan (goal/aims) kalimat pertama.

Contoh :

Kalimat pertama = Saya belajar keras.

Kalimat kedua = Saya bisa berbicara dalam bahasa Indonesia (kalimat ini adalah tujuan dari ‘ Saya belajar keras ‘, pada saat sekarang saya belum bisa berbicara dalam bahasa Indonesia)

Kalimat gabung = Saya belajar keras supaya saya bisa berbicara dalam bahasa Indonesia.

5. Sehingga

- Mempunyai satu atau dua subjek.

- Kalimat kedua adalah hasil/akibat (effect/result) kalimat pertama.

Contoh :

Kalimat pertama = Tadi malam saya menonton tv sampai jam 12 malam.

Kalimat kedua = Saya terlambat bangun pagi.(kalimat ini adalah akibat atau hasil ‘Tadi malam saya menonton tv sampai jam 12 malam’)

Kalimat gabung = Tadi malam saya menonton tv sampai jam 12 malam sehingga terlambat bangun pagi.

Latihan

Gabungkan dua kalimat ini dengan memakai kata hubung yang tepat !

1.Guru saya menjelaskan tatabahasa. Saya menulis.

2.Saya menyanyi. Saya bermain gitar.

3.Tadi pagi saya tidak makan pagi. Sekarang saya merasa lapar sekali.

4.Saya mau tidur lebih awal. Besok pagi saya bisa bangun pagi-pagi.

5.Dia berolah raga setiap pagi. Dia mau menjadi sehat.

6.Ibu menonton tv. Bapak membersihkan rumah.

7.Saya sedang jalan-jalan di Malioboro. Saya bertemu teman saya.

8.Pieter bekerja keras sekali hari ini. Sekarang dia merasa capai sekali.

9.Dia membaca koran. Dia makan pagi.

10. Saya bekerja di Indonesia. Saya belajar bahasa Indonesia di Wisma Bahasa


Sumber: http://wismabahasa.wordpress.com/
oleh : Wismabahasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar